Selasa, 29 November 2011

Saluang

 
Dekskirpsi Saluang
    "Saluang" merupakan alat musik tiup yang berfungsi mengiringi dendang tradisional Minangkabau dalam tradisi "Saluang Dengandang". Kegembiraan, kesedihan dan kerinduan hati masyarakat minangkabau dapat di ungkapkan melalui pantun "Saluang-Dendang". Dewasa ini alat tiup : "Saluang" ada yang di laras sesuai tuntutan komposisi musik kreasi baru dan musik populer, karena sudah memasyarakatnya kehidupan tradisi musik "Saluang-Dendang" maka kesenian ini tidak khawatir terhadap inovasi.
    Sebaiknya orang yang belajar meniup saluang itu berasal dari pendendang. Jika langsung belajar meniup saluang agak lamabat untuk menguasainya. Dia dapat meguasai tapi lenih lama untuk mahir. Sebaiknya berasal dari pendendang, sebab ia langsung menghayati iramanya.Sebaiknya belajar berdendang terlebih dahulu kemudian baru belajar meniup saluang. Jadi irama dendang yang sudah di hayatinya dapat di cobakan melalui tiupan saluang. Belajar meniup saluang itu harus ulet jangan setengah hati, seperti kata pepatah : "Beruburu ke padang datar dapat rusa belang kaki . berguru kepalang ajar bagaikan bunga kembang tak jadi". Sebaiknya jangan belajar kalau cuma setengah hati , percuma.
Kesimpulan
Sebaiknya bagi pemula yang baru mau belajar alat tradisional "Saluang" , harus sesuai dengan hati sepenuhnya tidak karna paksaan dan memainkan alat ini tidak hanya sekedar untuk mengisi waktu kosong tetapi harus sering sering di mainkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar